Dreams are like stars,you may never touch them, but if you follow them they will lead you to your destiny • Everybody wants happiness nobody wants pain but you can't have a rainbow without a little rain

Jumat, 30 Maret 2012

Selamat Ulang Tahun yang ke 123 Menara Eiffel :D


Menara Eiffel ini adanya di kota Paris, Prancis. Dari dulu impian aku itu pergi ke Paris, termasuk liat langsung menara Eiffel yang terkenal karena indahnya itu. :D Nah tepat hari ini Menara Eiffel ngerayain ulang tahunnya yang ke-123 (wah udah tua juga ya ...).

Menara Eiffel adalah sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine, Paris. Menara ini dinamakan sesuai dengan nama sang arsitek, Gustave Eiffel. Menara Eiffel telah menjadi ikon global Prancis dan merupakan salah satu bangunan terkenal di dunia.

Tercatat lebih dari 200 juta orang telah mengunjungi menara ini sejak peresmiannya pada 1889. Menara ini memiliki tinggi 325 m (1.063 kaki) atau setara dengan bangunan konvensional bertingkat 81 lantai, termasuk antena setinggi 24 m (79 kaki).

Struktur besi Menara Eiffel berbobot 7.300 ton, sedangkan keseluruhan struktur termasuk komponen nonbesi berbobot 10.000 ton. Puncak menara dapat menjauhi matahari 18 cm (7 inci) akibat pemuaian besi pada bagian yang menghadap matahari.

Menara Eiffel juga mampu berayun 6-7 cm (2-3 inci) dalam suasana penuh terpaan angin. Perawatan menara terdiri dari pengadaan 50 hingga 60 ton cat setiap tujuh tahun untuk menjaganya dari karat. 

Ketika menara dibangun banyak orang dikejutkan dengan bentuknya yang menantang. Eiffel dikritik untuk desain ini dan dipaksa mencoba merancang sesuatu yang berseni, atau tak berseni dari sisi pandang, tanpa keinginan membangun. Eiffel dan insinyurnya, dikenal sebagai pembangun jembatan, mengerti kepentingan kekuatan angin dan tahu bahwa mereka akan membangun struktur tertinggi di dunia mereka harus mencocokannya dengan tiupan angin. Dalam wawancara yang dilaporkan surat kabar Le Temps, Eiffel mengatakan:
Sekarang untuk apa saya memberikan alasan utama perancangannya? Menara ini tahan angin. Baiklah! Saya menyatakan bahwa lengkungan empat sisi luar menara, sebagaimana perhitungan matematika (...) akan memberikan pemandangan bagus terhadap kekuatan dan keindahan, dan memberikan kesan kepada siapapun yang melihatnya kecanggihan desain secara keseluruhan.
—diterjemahkan dari surat kabar Perancis Le Temps tanggal 14 Februari 1887

Bentuk menara sebelumnya telah dinyatakan dengan perhitungan matematika yang tahan angin. Beberapa teori perhitungan ini telah direncanakan bertahun-tahun, yang terbaru adalah persamaan berbeda integral nonlinear didasarkan pada pengimbangan tekanan angin dari sisi apapun pada menara dengan ketegangan antara elemen konstruksi pada waktu itu. Bentuknya eksponensial. Plot berbahaya pada lengkungan menara, menampilkan dua eksponen yang berbeda, bagian bawah memiliki pertahanan kuat melawan angin.

Sejak awal abad ke-20, menara ini telah digunakan untuk transmisi radio. Hingga 1950-an, sebuah kumpulan kabel menara membentang dari pertemuannya hingga berakhir di Avenue de Suffren dan Champ de Mars. Mereka terhubung dengan transmitter gelombang panjang di bunker kecil; tahun 1909, sebuah pusat radio bawah tanah permanen dibangun dekat pilar selatan dan masih ada hingga sekarang.Tanggal 20 November 1913, Paris Observatory, menggunakan Menara Eiffel sebagai antena, mengirim sinyal tanpa kabel dengan Pusat Observasi Angkatan Laut Amerika Serikat yang menggunakan antena di Arlington, Virginia. Obyek transmisi untuk mengukur perbedaan garis bujur antara Paris dan Washington, D.C.

Menara ini memiliki dua restoran: Altitude 95, di tingkat pertama (95 m, 311 kaki, di atas permukaan laut); dan Jules Verne, sebuah restoran gastronomis mahal di tingkat kedua, dengan lift khusus. Restoran ini memiliki bintang satu di Michelin Red Guide. Bulan Januari 2007, seorang koki dengan banyak bintang Michelin Alain Ducasse dibawa ke Menara untuk menjalankan Jules Verne.
Dek pengamatan teratas, dengan ketinggian 275 meter, merupakan wilayah tertinggi struktur arsitektur di Uni Eropa yang dibuka untuk umum.

Lift penumpang dari tingkat dasar ke tingkat pertama dioperasikan oleh kabel dan penarik yang dijalankan oleh piston besar berkekuatan air. Ketika menaiki lengkungan, kabin elevator naik sedikit, tapi dengan kejutan naik setiap beberapa detik, untuk menjaga tingkatnya sejajar. Pembangunan elevator diperlihatkan dan dibuka untuk umum dalam sebuah museum di satu dari empat pilar menara.

0 komentar:

Posting Komentar